By Alina Wardah


Biodata
Tajuk buku : Syamail Muhammad S.A.W, Kumpulan Hadith Sosok Agung Muhammad
Judul Asli : Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah
Penerbit : Pena Pundi Aksara
Penerbit Asli : Darul Hadits, Cairo
Nama pengarang buku : Imam Tirmidz
Tahun terbitan : 2007
Bilangan muka surat: 474


Ulasan
Buku ini merupakan koleksi kitab hadith, Syamail Muhammadiah SAW susunan Imam at-Tirmizi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu versi Indonesia.
Syamail Muhammad SAW ialah himpunan hadis oleh Imam al-Tirmizi tentang Rasulullah SAW dalam aspek kehidupan Baginda iaitu :
1) Fizikal seperti tanda kenabian, rambut, pakaian, pedang serban, tempat tidur dan lain-lain;
2) Perilaku seperti cara berjalan, duduk, makan dan minum, jenis makanan dan sebagainya;
3) Ibadah seperti wudhuk, doa, wangi-wangian, solat Dhuha, puasa, membaca al-Quran dan ibadah lainnya;
4) Akhlak seperti berbicara, ketawa, bergurau, bersyair, bersifat tawaduk, rasa malu dan tangisan;
5) Kehidupan baginda seperti nama-nama gelaran Rasulullah, penghidupan baginda, kewafatan, warisan dan mimpi melihat Rasulullah.

Buku ini menyeru masyarakat supaya mengenali baginda SAW melalui hadith-hadith sebagaimana yang diceritakan oleh para sahabat baginda tentang keperibadiannya yang sangat mulia sekaligus mengamalkan sunnah-sunnah baginda dalam menjalani kehidupan seharian.

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Pena Pundi Aksara di Jakarta. Cetakan pertama pada 2007.


SIFAT DAN AKHLAK RASULULLAH
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang lain daripada yang lain karena kesempurnaan fisik dan akhlak beliau, yang tidalk cukup hanya digambarkan lewat kata-kata. Oleh sebab itu semua hati pasti akan mengagungkan dan menyanjung beliau dengan sanjungan yang tidak pernah diberikan kepada selain beliau. Orang-orang yang hidup berdekatan dengan beliau, pasti akan mencintai beliau, tak peduli apapun yang bakal menimpa mereka. Hal ini terjadi karena memang kesempurnaan diri beliau, yang tidak dimiliki siapapun.Berikut ini kami paparkan ringkasan beberapa riwayat yang menjelaskan keindahan dan kesempurnaan fisik beliau, yang tentunya penjelasan ini pun masih sangat singkat.


Keindahan Fizikal
Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyah berkata tentang diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia menggambarkan sifat beliau di hadapan suaminya, saat beliau lewat di kemahnya dalam perjalanan hijran ke Madinah,”Dia sangat bersih, wajahnya berseri-seri, bagus perawakannya, ridak merasa berat karena gemuk, elok dan tampan, dimatanya ada warna hitam, bulu matanya panjang, tidak mengobral bicara, lehernya panjang, matanya jelita, memakai celak mata, alisnya tipis, mamanjang dan bersambung, rambutnya hitam, jika diam Beliau tampak berwibawa, jika berbicara tampak menarik, Beliau adalah rang yang paling elok dan menawan dillihat dari kejauhan, bagus dan manis setelah mendekat, bicaranya manis, rinci, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, bicaranya seakan-akan merjan yang tertata rapid an landai, perawakannya sedang, mata yang memandangnya tidak lolos karena perawakannya yang pendek dan tidak sebal karena perawakannya yang tinggi, seakan satu dahan di antara dua dahan, Beliau adalah salah seorang dari tiga orang yang paling menarik perhatian, paling bagus tampilannya, mempunyai rekan-rekan yang menghormatinya, jika berbicara mereka menyimak perkataanyajika memberikan perintah mereka bersegera melaksanakan perintahnya, Beliau sangat ditaati, disegani, dikerumuni orang-orang,wajahnya tidak memberengut dan tidak pula orang yang diremehkan.”

Abuth-Thufail berkata,”Kulitnya putih, wajahnya berseri-seri dan perawakannya sedang (tidak gemuk,dan tidak kurus, tidak tinggi dan tidak pendek).”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuberkata,”Kedua telapak tangannya lebar.”Dia juga berkata,”Warna kulitnya elok, tidak putih sopak dan tidak terlalu coklat, kuat kepalanya, di kepala atau di jenggotnya hanya dua puluh lembar uban.”Dia juga berkata,”Ada beberapa lembar uban di pelipisnya.”Dalam riwayat lain disebutkan ,”Di kepalanya ada beberapa lembar uban yang berpencar-pencar.”Dia juga berkata,”Aku tidak pernah menyentuh kain sutra yang lebih halus daripada tangan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Aku tidak pernah mencium suatu aroma, minyak kasturi atau bau apapun yang lebih harum dari aroma Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Al-Barra’ berkata,”Beliau adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling bagus akhlaknya.” Jabir bin Samurah berkata,”Aku pernah melihat beliau pada suatau malam yang cerah tanpa mendung. Kupandangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu ganti kupandangi rembulan. Ternyata menurut penglihatanku beliau lebih indah daripada rembulan.”Dia juga berkata,”Tidaklah beliau melewati suatu jalan lalu seseorang membuntutinya melainkan dia bisa mengetahui bahwa Beliau telah lewat, dari keharuman bau keringatnya.”Di antara kedua bahu beliau ada cincin nubuwah seperti telur burung merpati.

Setiap kali Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu melihat beliau, maka dia berkata,”Yang terpercaya dan manusia pilihan, kepada kebaikan dia menyeru. Seprti bulan purnama yang mengusir kegelapan.Jika sedang marah, muka beliau memerah, seakan-akan di kedua tulang pipinya terbelah buah delima.”.
Inilah gambaran secara ringkas fisik Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, untuk lebih luasnya maka bacalah buku “Asy-Syamail Muhammadiyah” karya Imam Tirmidzi.(diringkas dari Sirah Nabawiyah, syaikh Mubarakfury)



Labels: | edit post
0 Responses

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...